Monday, August 21, 2017

Susun Kamus Kata Kata Bijak



Sebuah lagu akan lebih mengesankan manakala syairnya menggunakan ungkapan yang kaya makna, sehingga penikmatnya dapat memilih banyak pintu untuk menikmatinya. Kata kata yang terdapat kekayaan akndungan makna itu adalah kata bijak namanya.Masing masing kata bijak itu dimiliki oleh semuakomunitas masyaakat Lampung, dimanapun komunitas itu menyatu. Sayang kata kata bijak itu jarang diungkapkan sehingga kata kata bijak dalam bahasa Lampung semakin lama semakin langka yang menngunakannya, dan dengan demikian maka katabijak itu jarang terdengar.

Kata bijak itu lazimnya digunakan pada saat menyampaikan sambutan dalam suatu acara, bahasa dalam pidato umumnya adalah bahasa yang terpilih, dipilih bahasa yang hemat namun memiliki makana yang luas dan dalam. Tetapi ini juga akan sangat tergantung kepada pribadi yang pidato, seberapa banyak Ia memiliki perbendaharaan kata, dan khususnya kata bijak yang dipahami dan dikuasainya.

Demikian juga dengan sedalam apapun makna, serta seluas apapun pengertiannya manakala yang mendengar sebagai audien tidak memiliki keterampilan yang seimbang dengan yang berpidato yang menmggunakan kata bijak dan bahkan adakaanya juga bersayap. Kata kata bijak itu sering memiliki dua arti yang beda, ada arti dalam kata dan ada juga arti dalam istilah. Dan orang akan salah pengertian yang jauh manakala kata yang seharusnya diartikan dengan istilah tetapi dipahaminya dengan arti kata. maka akan mengalami keke;liruan patal dalam mengartikan maksud pembicara.

Dalam rangka mempertahankan keberadaan kata kata bijak itu sejatinya Pemerintah Kabupate. Kota memfasilitasi upaya dengan menyiapkan dana serta tenaga untuk melakukan inventarisasi kata kata bijak. Kata bijak yang telah terinventarisasi itu lalu dibukukan, lalu dibagikan, baik ke sekolah sekolah atau PT untuk dimanfaatkan, dalam berbagai mata Kata bijak juga sangat dibutuhkan bagi para pengarang lagu, lagu membutuhkan kata bijak yang memiliki kedalam arti dan makna, sehingga persaan atau jiwa lagu itu terakomodir dalam bahasa.

Yang tidak kalah pentingnya akan kata kata bijak ini adalah untuk mengukur ketinggian peradaban. suatu komunitas pengguna bahasa daerah. Suatu kelompok budaya akan lebih berkualitas manakala memiliki bahasa yang memiliki kemampuan mencurakan persaan dan pemikiran,

1 comment: