Wednesday, October 10, 2018

RATUSAN TAHUN FALSAFAG CINA


RAMPOKLAH TETANGGAMU YANG SEDANG MENGALAMI KEBAKARAN


PARA POLITISI ada yang terkaget kaget mengetahui masyarakat komunitas China mampumempertahankan bahasa dan budaya China hingga ratusanbahkan ribu tahun. Karena ternyata falsafah yang sejatinya muncul ratusan tahun yang lalu ternyata masih diajarkan, diujarkan ataupun diucapkan. untuk diperdengarkan, diketagui, direspon untuk direnungkan, selanjutnya dilaksanakan atau diimplementasikan. Dan semua prtoses hingga mencapai pelaksanaan, dan tetu saja sebelumnya melalui proses pengetahuan dan pemahaman.

Komunitas masyarakat China mengajarkan falsafah kepada komunitasnya, bukan sekedar retorika, tetapi langsnung memasuki tahapam praktek,   dunia dagang yang mereka geluti itu sangat memungkinkan bagi mereka mempraktekkan falsafah yang mereka dapatkan dari para sesepuh mereka. Salah satu falsafah yang mereka terima adalah falsafah yang mengatakan "Rampoklah Tetanggamu Yang Sedang Kebakaran" Mungkin lgika yang digunakan adalah bahwa seseorang yang sedang mengalami kebakaran memang sangat membutuhkan bantuan orang lain, dan kedatangan siapapun yang menyambangiunya dipastikan dipahami sebagai rasa simpati dan menawarkan bantyuan. Sehingga sejatinya tak seorangpun disaat mengalami kebakaran di rumahnya patut dicurigai memiliki niat busuk atas kehadirannya.

Maka ketika saat itu adalkah merupakan situjasi yang paling mudah untuk mencuranginya. Tentu saja terjadi kebakaran dalam filsafah itu juga harus dipahami sebagai sesutu bukan kebakaran yang literleak. Intinya adalah situasi Ayang kalangkabut, sehingga tak sempat berfikir secara kritis. karena sedang mengalami kepanikan yang maha dahsyat. Nah situasi demikian itu yang paling mudah bila seorang rampok akan memanfaatkannya.Falsafah yang satu ini terselip di 36 Falsafah Cina dan falsafah yang satu ini tercantum sebagai falsafah Tiongkok yang kelima.

Pemahaman falsafah tersebut membuat Tiongkok China tercatat sebagai negara yang memiliki potensi sebagai Negara Ekspansi, Negara yang memiliki naluri ingin menguasai Nagara lain. Barangkali Sejarah Negeri Tibet yang semula dimanjakan oleh China, yang tampa hitungan untuk membantu Tibet sepenuhnya, belakangan Tibet dikuasai China, tentu dengan proses panjang, karena harus dibuat sedemikian rupa Tibet memang harus dibuat kalang kabut sedemikian rupa, sebelum akhirnya Tibet di kuasai China sepenuhnya.

36  Falsafah China, nomor lima adalah satu diantaranya, falsafah kelima satu diantaranya, bukan merupakan kesimpulan darui keseluruhannya. Tetapi falsafah kelima itu mungkin termasuk yang paling mudah dipahami oleh pendidikan serendah apapun, semudah kita memahami kalimat bahwa orang yang sedang mengalami kebakaran sangat rentan tertipu. Dengan demikian untuk memahami falsafah ini, tidak perlu kalimat yang membutuhkan konsentrasi penuh.

Itulah mungkin sebabnya maka falsafah China yang satu ini bisa bertahan hingga ratusan tahun, falsafah ini dengan kalimat seadanyapun menjkadi enak disimak dan dibuktikan kebenarannya. falsafah ini juga disajikan dalam bentuk cerita panjang berseri, bisa berbentuk novel dan bisa pula dalam bentuk serial film, sehingga mudah difahami serta dilaksanakan. Tentu tak merasa berdosauntuk melakukannya. Dengan bukti pemilik hartapun berterima kasih berkali kali, serta mengikhlaskan harta yangdiambil perampok, karena manakala sang prampok tak beraksi, maka harta itu akan terbakar secara keseluruhannya. Di situlah mungkin maka falfah Tingkok ini menjadi menarik bagi pendukungnya.

Jelas tulisan ini bukan mengan jurkan agar kita berupaya untuk membuat rumah tetangga menjadi kebakaran, tetapi yang dimaksudkan dari tulisan ini adalah falsafah kita yang kita akan bermanfaat manakala kita perkenalkan untuk menjadi bahan renungan dan selanjutnya akan dilaksanakan manakala sisi baik dari falsafah dan kearifan lokal mampu ditangkap. Dengan adanya falsafah yang menarik dan berharga, maka pada saatnya bahasapun akan dipelajari orang, kini banyak orabg tertarik belajar bahasa China karena dalam bahasa China terdapat sesuatu yang dianggap berharga.  

1 comment: