Saturday, January 7, 2017

Juluk Adek Mendorong Terbentuknya Kisah Sukses. Seseorang

Pengantar.
Tak dinyana Falsafah Piil Pesenggiri yang dirumuskan pada abad ke 16 itu ternyata masih relevan hingga sekarang. Pada salah satu unsur Falsafah Lampung "Piil Pesenggiri" yang merupakan upaya memotivasi agar setiapseseorang selalu memiliki prestasi prestasi baru dan dianjurkan merayakan atau mencatat prestasi prestasi baik dalam kategori Juluk maupun Adek. Kini abad 21 justru muncul dorongan  agar setiap seseorang memiliki kisah sukses "Sukses Hystori". Luar biasa.

Juluk Adek.
Berbagai upacara daur hidup bagi seorang anak di masa kanak kanak, lalu anak anak itu dianugerahi nama juluk, nama julik adalah nama baru yang berikan kepada seorang anak hingga menjelarang remaja atau paling lambat remaja, setelah anak yang bersangkutan memiliki prestasi merumuskan atau menetapkan cita citanya, lalu nama juluk itu adalah nama bartu yang ,menggambarkan cita cita yang ingin dicapainya (idealita)
Kelak manakala cita cita itu telah tercapai, masa dewasa, maka layak diberi nama baru lagi, yaitu nama yang menggambarkan keberhasilan mencapai cita cita awal atau nama lainnya (realita) prinsip nama juluk adalah keharusan masa kanak kanak dan remaja untuk mencanangkan  sebuah cita cita atau keinginan dan sejak saat itu para pihak yang bertanggungjawab terhadap si anak, terutama kedua orang tuyanya agar memfasilitasi hingga tercapainya keinginan cita cita itu.


Baik pribadi maupun internal keluarga setelah dicanangkannya naja juluk itu harus membantu sang anak untuk mengidentivikasi berbagai permasalahan untuk dicarikan jalan keluarnya, dengan cara mengantisipasinya untuk memperkecil permasalahan yang akan dihadapi. Segala teknik manajement, serta taktik dan strategi dirumuskan untuk menetapkan langkah langkah lanjut, hingga mencapai sukses seperti yang dinginkan.
Kesuksesn demi kesuksesan harus dirayakan  dalam rangka mengejar sukses baru yang lebih besar dan lebih berarti. Indikator kesuksesan adalah kemanfaatan, suksesbagi seseorang adalah manakala yang bersangkutan lebih besar kemanfaatannya bukan hanya bagi pribadi dan keluarga, tetapi terlebih bagi masyarakat, apakah itu masyarakat umum ataupun masyarakat khusus dilingkungan tertentu terkait aktivitas keseharian. Sukses sukses itu terutama suksesbesar terkait cita cita yang pernah diungkapkan harus dirayakan dengan pemberian nama gelar atau adok.
Jelas itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa, abbad ke 16 telah terpikirkan bagaimana cara mendorong seseorang untuk dapat mengumpulkan sejumlah kisah sukses dalam hidupnya dan alangkah luar biasanya manakala kisah sukses itu dimiliki sebagain dari penduduknya, jelas komunitas ini sebenarnya akan membuat sejarah kejayaan manusia.


Kisah Sukses Cara Piil Pesenggiri.
Kini di abad 20/21 ternyata negara negara berkembangpun termasuk diantaranya Indonesia baru mendorong generasi mudanya untuk mengumpulkan kisah sukses hidupnya, kumpulkanlah kisah sukses itusebanyak banyaknya dan sebarkan se luas luasnya untuk menjadi referensi bagi orang lain agar bersegera mengejar sukses.



Masayarat Lampung Yang Akan Datang.

No comments:

Post a Comment