Thursday, October 20, 2016

Pemerintah Harus Mendorong Penciptaan Lagu Lampung

Dalam rangka mempertahan dan mengembangkan budaya Lampung maka Pemeritah harus mendorong dan sekaligus memfasilitasi penciptaan lagu Lampung. Karena melalui lagu lagu daerah pesan pesan kemmanusiaan akan jauh lebih komunikatif dibanding bahasa apapun, termasuk bahasa politik. Ada gejala trend yang menurun upaya pemerintah dalam mempertahankan dan mengembangkan budaya daerah Lampung, sehingga ada kekhawatiran budaya daerah Lampung ini akan tergerus oleh waktu. Sementara pembangunan di daerah dengan menafikan pembangunan budaya dearah nantinya cepat atrau lambat akan mengundang banyak permasalahan yang kadang kadang jauh lebih besar dibanding karya hasil pembangunan. Pembangunan sikap mental masyarakat seyogyanya sejalan dengan pembangunan fisik.

Bahasa seni itu adalah bahasa yang sangat komunikatif, maka sampaikanlah pesan kemanusiaan itu melalui lagu. Untuk itu Pemerinmtah harus mendorong dan memfasilitasi para pihak yang terlibat dalam menciptakan lagu daerah Lampung, meliputi penciptanya, aransmennya serta penyanyinya. Bila perlu pemerintah melombakan penciptaan lagu daerah lengkap dengan aransmennya, sehingga lagu yang diikut sertakan setidajnya sudah siap tampil dalam bentuk instrumen lengkap. Dengan demikian maka berarti lagu disuguhkan oleh para pengarang dan penggubah aransmen ada kemunkingan melengkapinya dengan notasi, sehingga nantinya lagu itu akan lebih mudah di pahami nada nadanya.
Demi kemanusiaan sejatinya Pemerintah Daerah tidaklah perlu sayang sayang mengeluarkan sejumlah dana untuk memotivasi para pihak yang terlibat dalam penciptaan lagu, bisa dipastikan bahwa jumlah uang yang dibutuhkan sangat kecil sekali dibanding anggaran yang tersedia muncul sepuluh pengarang saja bagi sebuah Kabupaten, itu sudah merupakan hal yang luar biasa, tidak menghabiskan hitungan lima jari mareka yang berp[otensi mengarang dan mengaransmen lagu daerah dalam setiap Kabupatennya. Dengan kata lain potensinya sangat terbatas.

Olweh karenanya potensi yang sangat terbatas ini harus diupayakan pengembangannya dan pemanfaatannya dengan cara menganggarkan. Pembinaannya.Sebaiknya Pemerintah daerah merespon karya seni itu dengan anggaran, sehinga mereka terbiasa menggali ilham seni sehingga tidak terkubur bersama ketuaan usia yang Bila memang karya seni itu bisa berbilang jumlahnya maka kembali hargailah karya karya yang layak dilombakan.

Tentu karya yang layak dilombakan adalah karya yang memiliki bobot filosofi yang tinggi, apalagi kita tahu bahwa seni adalah merupakan bagian dari filsafat, oleh karenanya juga berkewajiban memberikan poemahaman tentang falsafah Piil Pesenggiri, sehingga karya para seniman itu memiliki gereget yang tinggi bagi penikmat seni, memiliki makna yang dalam, Dan memiliki kemampuan menginspirasi penikmatnya dengan baik sebagai corong pembangunan kemanusiaan.

Untuk menyanyikan lagu lagu yang bernilai tinggi itu memang dibutuhkan penyanyi yang memiliki suara merdu, tentunya mereka adalah terdiri dari usia muda, orang yang sudah tua nilai kemerduan suaranya tekah jauh merosot, oleh karenanya janganlah memaksakan pencipta lagu yang sudah berumur memanyanyikan sendiri lagu lagu itu. Tentu saja anak anak muda itu harus diikut sertakan dalam menyanyikan karya karya itu, dan tentu tak lupa dengan imbalanm hadiah danb penghargaan lainnya yang memadai.

No comments:

Post a Comment